5 Faktor Penyebab Anak Susah Makan

2 Flares Facebook 0 Google+ 1 Twitter 0 Pin It Share 1 Filament.io 2 Flares ×

5 Faktor Penyebab Anak Susah Makan – Kodisi orang tua pasti akan repot mendapati kalau anaknya susah makan. Kejadian seperti ini mungkin sudah banyak dialami oleh hampir semua ibu yang mengurus anaknya setiap hari. Dengan kondisi seperti ini orang tua akan binggung dan khawatir akan kesehatannya, kalau anak susah makan.

penyebab anak susah makan foto

Source:tabloidnakita

Seperti ibunda ketahui bahwa di dalam makanan untuk bayi dan anak terdapat banyak gizi nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh para anak-anak untuk pertumbuhan dan perkembangan serta kesehatan anak-anak kita. Karena memang tidak bisa dipungkiri akan manfaat gizi untuk kesehatan dan kecerdasan anak itu mempunyai peranan yang cukup besar dalam hal ini.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi menurunnya nafsu makan anak atau bayi dan balita sehingga menjadi susah untuk makan. Berikut ini ulasannya.  Baca juga 4 Tips Mudah Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak.

Penyebab Anak Susah Makan

Masa Peralihan
Umumnya, anak sulit makan dimulai di usia batita awal. Ini berkaitan dengan perkembangannya. Bukankah pola makan batita sedang dalam masa peralihan, dari yang cair atau lembek menjadi ke makanan padat? Artinya, dia harus mengunyah dan bukan lagi tinggal menelan seperti dulu. Inilah yang menjadi penyebab anak sulit makan.

Alami Penurunan Nafsu Makan
Pada periode usia 1-3 tahun, anak memang tengah mengalami penurunan nafsu makan. Itulah mengapa, di awal usia batita, si kecil hanya makan sedikit atau terlihat anak sulit makan. Terlebih, setelah berusia 1 tahun, pertumbuhan badan anak memang tak sepesat sebelumnya, sehingga makanan yang dikonsumsinya pun berkurang. Belum lagi daya tampung lambungnya memang relatif masih kecil. Bila dipaksa makan, kemungkinan ia akan muntah.

Bosan Dengan Menu Masakan
Merasa bosan dengan menu sehari-hari yang dirasakan anak seperti itu-itu saja tanpa adanya variasi dalam penyajian menu makanan maka lambat laun hal ini akan bisa menyebabkan anak bosan dan selanjutnya bisa masuk dalam tahapan anak menjadi susah makan. Untuk itu para orang tua khususnya para ibu untuk lebih bisa menyajikan makanan yang bervariasi.

Mulai eksplorasi ke mana-mana
Ketika sudah mahir berjalan, anak akan lebih mengutamakan kegiatan eksplorasi ketimbang acara makan. Lihat saja cara bermainnya yang disertai gerakan berjalan, memanjat, atau berlari seolah tidak pernah lelah. Tak heran jika acara makan dianggapnya sebagai kegiatan buang-buang waktu, apalagi kalau diminta duduk diam.

Bosan tekstur yang halus dan campur aduk
Rasa bosan bisa juga muncul dari tekstur. Bukan mustahil anak bosan atau sudah merasa mual dengan makanan lunak dan campur aduk seperti makanannya semasa bayi. Dengan demikian orang tua mesti cerdik dalam menyiasati olahan dan penyajian makanan. Variasikan sedemikian rupa agar anak tetap suka makan, misalnya dengan memisah-misahkan lauknya dan memblender berasnya saja lebih dulu sebelum diolah.

Itulah dia beberapa faktor penyebab anak susah makan yang bisa kami sajikan untuk para Bunda, semoga dapat bermanfaat. Dan jangan sampai Anda membiarkan si kecil jatuh sakit disebabkan menurunnya nafsu makan.

Cara Pemesanan

Untuk melakukan pemesanan, Anda hanya perlu SMS ke nomor sms-center kami 085736428950 dengan format (isi pesan SMS) sebagai berikut:
Produk HDI (jumlah) / Nama / Alamat Lengkap (Ada no rumah, rt/rw desa, kec, kab dan prov) / No.Hp

Contoh:
Clover Honey 0.5kg (1) /Wildan Nasen / Perumnas cibeber Jl tongkol No.3, RT03 RW01 Desa.Kaduduren, Kec.cilegon, Serang Banten / 0812 3456 1734

Jika ada pertanyaan pemesanan atau pun hal yang lainnya terkait produk HDI silahkan hub kami :

Telpon/SMS : 085736428950

BBM : 5393F990



Baca juga yang lainnya !

Tags : Anak,anak menolak makan,anak sehat,anak sulit makan,anak susah makan,masalah makanan anak,

Produk Terbaru

Post a Comments

2 Flares Facebook 0 Google+ 1 Twitter 0 Pin It Share 1 Filament.io 2 Flares ×