5 Tips Cara Alami Mengatasi Hidung Yang Tersumbat – Mengalami hidung yang tersumbat pasti Anda akan merasa kurang nyaman, dan binggung mau bernafas.

hidung tersumbat

source:medisku.com

Hidung tersumbat terjadi karena adanya lendir berlebih dalam rongga hidung, penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa karena alergi, flu, benda asing yang masuk dan memicu lendir keluar lebih banyak, atau karena aktifitas kita sehari-hari.

Terkadang hidung tersumbat memang sangat sulit diatasi. Walaupun telah memakai inhaler dan juga balsem untuk melegakan hidung, tetap saja hidung kita akan tersumbat dan walau dalam keadaan dan posisi apapu tetap tidak nyaman.

Nah, berikut ini silahkan disimak beberapa tips meredakan hidung yang tersumbat secara alami.

Baca juga Tips Cara Mengobati Sakit Pinggang.

Mandi air hangat
Mandi air hangat bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya.

Minum air hangat
Mungkin Anda sedang bekerja di kantor, atau di tempat yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan sebaskom air panas. Anda bisa minum segelas air hangat, bisa dicampur susu, kopi atau teh, pastikan suhunya diatas 30 derajat celcius sehingga ketika minum, ada uap air yang terhirup. Selain itu, cara ini bisa menghangatkan tubuh Anda seketika dan melancarkan peredaran darah. Hal ini bisa membuat hidung Anda lega lebih cepat.

Minuman jeruk hangat
Cara terbaik untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu Anda menjaga kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahi dengan madu.

Minyak kayu putih
Ini adalah salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat.

Berkumur dengan garam
Ini merupakan alternatif terakhir dengan makanan, yaitu dengan garam. Larutkan satu sendok makan garam ke dalam air, seperti kita membuat oralit tapi tanpa gula, atur jangan sampai terlalu asin untuk mulut Anda. Setelah larut dan suhunya sudah cukup hangat (tidak terlalu panas), kumurkan larutan garam ini. Cara ini merupakan alternatif terbaik untuk meredakan hidung tersumbat.

Itulah dia, beberapa tips cara menghilangkan hidung tersumbat, semoga bisa bermanfaat.

Referensi :

http://inti-kesehatan.blogspot.com/
http://jellygamatgoldg-gne.com/
http://www.merdeka.com/

WhatsApp WhatsApp 081946450409