6┬áTips Cara Mengatasi Anak Susah Makan – Anak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para orang tua, terutama para ibu. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan. Bahkan tak jarang para ibu menjadi tertekan dan stress dalam menghadapi buah hatinya yang susah makan.

Anak Susah Makan

Setiap ibu selalu diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika anak susah makan atau pilih-pilih makanan. Kejadian ini jika dibiarkan lama-kelamaan akan mengakibatkan sesuatu yang tidak baik buat anak Bunda seperti badan kurus, badan lemas, kurang gizi, dll yang akan berimbas kepada perkembangan anggota tubuh yang lain seperti otak, pergerakan si kecil, dll. Nah, berikut ini kami sajikan untuk Bunda beberapa tips cara mengatasi anak susah makan.

Coba sajikan makanan dalam porsi kecil
Ingat, lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit.

Menvariasikan menu makan anak
Cara ini dilakukan agar buah hati Anda tidak mudah merasa bosan. Selain variasi makanan, penampilan dari makanan juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk anak. Karena anak menyukai makanan yang ditampilkan dengan menarik, contoh menyediakan makanan telur dengan dihiasi wortel dan cabe merah yang membentuk gambar kepala yang lucu dan tersenyum.
Contoh lain saat membuat nasi goreng, kita bikinkan seperti bentuk ikan, gunakan wortel yang dibentuk seperti mata dan mulut ikan, timun kita potong menjadi ekor ikan misalnya. Silahkan anda kreasikan sendiri bentuknya, pasti anak akan lebih tertarik untuk makan.

Jadikan saat makan menyenangkan
Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan
Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting untuk anak, namun bila ananda terlalu banyak minum, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke perut anak.

Berikan makanan selingan untuk sang buah hati
Memberikan makanan selingan pada anak dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi terutama bagi anak yang susah makannya. Namun tentunya kita harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan selingan tersebut agar tetap memperhatikan kehigienisan makanan dan juga kandungan vitamin atau gizinya. Jangan sampai anak diberikan makanan snack yang mengandung pewarna dan penyedap rasa yang akan membahayakan kesehatan anak.

Hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak
Selama waktu makan, minimalkan gangguan, misalnya matikan televisi dan jauhkan buku atau mainan dari meja makan.

 

 

WhatsApp WhatsApp 081946450409