Cara Mengatasi Sembelit/Susah Buang Air Besar – Sembelit begitu menyiksa bagi mereka yang pernah merasakannya, bahkan sampai membuat lubang anus terasa sesak dan bahkan sampai berdarah. Sembelit disebabkan oleh feses (tinja) yang mengeras, dan biasanya karena terlalu lama tidak melakukan BAB.

Sembelit Susah Buang Air Besar

Kekurangan cairan juga salah satu penyebab anda mengalami sembelit. Wajarnya, BAB dilakukan setiap sehari sekali, jadi anda harus waspada jika belum melakukan BAB lebih dari 3 hari lantaran feses akan mengeras.

Baca juga 6 Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Penyebab Umum Sembelit

Konstipasi atau sembelit bisa terjadi karena pergerakan tinja atau feses pada usus yang berlangsung lambat sehingga menyebabkan konsistensinya menjadi keras dan kering. Sembelit seringkali disebabkan oleh kurangnya olah raga atau gerak badan, kurang minum atau karena diet (asupan makanan) yang kurang serat. Makanan yang tinggi serat itu antara lain: sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Gejala Sembelit

Nah, Selain kesulitan buang air besar, penderita sembelit terutama pada dewasa umunya mengalami gejala-gejala lainnya yaitu: perut kembung, sebah, sakit perut, merasa ada sesuatu yang menyumbat, bab berdarah, atau merasa sakit saat buang air besar. Sedangkan Sembelit pada bayi ditandai dengan bayi menangis saat buang air besar, menarik kaki ke arah perut, atau sampai-sampai melengkungkan punggung ketika mau buang air besar.

Cara Mengatasi Masalah Sembelit/Susah Buang Air Besar

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat
Serat merupakan elemen penting untuk menyehatkan sistem pencernaan. Serat membantu feses agar lebih mudah melewati usus.
Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat setiap hari secara teratur akan membantu meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.
Sumber makanan yang kaya serat antara lain adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Minum 8 Gelas Air Setiap Hari
Jika beberapa hari ini Anda sulit buang air besar, kemungkinan Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum air. Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air setiap hari. Air akan membantu proses pencernaan, membuat tubuh tidak mengalami dehidrasi dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
Minum air biasa memang kadang membosankan, Anda bisa menyelinginya dengan jus buah buatan sendiri. Mengapa harus buatan sendiri? Karena kandungan seratnya masih terjaga dan tidak mengandung banyak gula.

Olahraga secara teratur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur dapat mencegah konstipasi.
Berolahraga selama tiga puluh menit setiap hari atau 3-5 kali dalam seminggu dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih efektif dan membantu mencegah konstipasi.

Makan dalam porsi kecil tapi sering
Makan dalam porsi besar sekaligus dapat menyebabkan konstipasi. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Makan 5-6 kali dalam porsi kecil bisa mencegah terjadinya konstipasi.

Jangan menahan Buang Air Besar
Ketika sudah kebelet BAB sebaiknya dituruti saja. Karena menunda-nunda buang hajat akan membuat feses tertahan dan akan membuatnya semakin keras akhirnya susah dikeluarkan.

WhatsApp WhatsApp 081946450409