Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Batu Ginjal

2 Flares Facebook 0 Google+ 2 Twitter 0 Pin It Share 0 Filament.io 2 Flares ×

Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Batu Ginjal – Penyakit batu ginjal adalah salah satu gangguan urologis yang paling menyakitkan dan lazim terjadi di masyarakat. Batu ginjal adalah potongan-potongan bahan padat yang terbentuk ketika zat yang secara normal larut dalam urin menjadi berkonsentrasi tinggi. Bahan padat tersebut sering terbentuk dari kalsium, oksalat, dan fosfat. Batu ginjal mungkin hanya berdiameter beberapa milimeter atau hanya seukuran batu kecil. Batu ginjal paling sering terjadi pada pria, tetapi sekarang statistik menunjukkan lebih banyak kasus batu ginjal terjadi pada wanita dan anak-anak.

batu ginjal

source : info-kes

Seringkali bahkan batu ginjal dapat ‘berkembang’ tanpa diketahui prosesya sampai akhirnya menyebabkan penyumbatan. Hal ini pada selanjutnya dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa, sebab batu-batu ini ‘membuat’ jalan ke dalam ureter.

Dianggap sebagai masalah umum, kebanyakan orang dapat berisiko terkena kondisi batu ginjal. Meskipun batu ginjal tak termasuk ke dalam kategori penyakit yang mengancam jiwa, namun bisa menimbulkan nyeri hebat jika Anda mengabaikannya. Nah, apa sebenarnya faktor penyebab dari munculnya batu ginjal? berikut ini ulasannya. Baca juga Tips 5 Cara Melancarkan Percernaan.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Penyebab dari batu ginjal sendiri hingga saat ini belum ditemukan penyebab spesifik dari batu ginjal. Mereka terbentuk ketika urin tidak bisa mencairkan kristal mineral seperti kalsium, oksalat dan asam urat. Kristal-kristal ini kemudian saling menempel dan menciptakan batu ginjal.

1. Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) sehingga mudah terjadi pengentalan urine yang mengendap menjadi batu.
2. Terpapar suhu panas seperti ruangan dengan suhu panas tinggi misalnya pada ruangan juru masak/dapur, mekanik bengkel, dan sebagainya.
3. Kurang mengkonsumsi air minum.
4. Ketidakseimbangan metabolisme tubuh yang menyebabkan garam-garam dalam urine mengendap membentuk kristal.
5. Tingginya tingkat konsumsi makanan berkadar protein tinggi berasal dari protein hewani, karbohidrat, makanan berkalsium tinggi, berserat rendah.
6. Kerusakan metabolisme
7. Kelebihan konsumsi vitamin D, kalsium

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal dapat ataupun tidak menyebabkan tanda dan gejala sampai batu tersebut bergerak di dalam ureter –pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada satu titik, tanda dan gejala yang dapat terjadi adalah:

  • Sakit parah di bagian samping, belakang, dan bawah tulang rusuk
  • Nyeri yang menyebar ke perut bagian bawah dan pangkal paha
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Urin berwarna coklat atau merah
  • Urin berbau menyengat
  • Mual dan muntah
  • Dorongan untuk lebih sering buang air kecil
  • Demam dan menggigil

Cara Pemesanan

Untuk melakukan pemesanan, Anda hanya perlu SMS ke nomor sms-center kami 085736428950 dengan format (isi pesan SMS) sebagai berikut:
Produk HDI (jumlah) / Nama / Alamat Lengkap (Ada no rumah, rt/rw desa, kec, kab dan prov) / No.Hp

Contoh:
Clover Honey 0.5kg (1) /Wildan Nasen / Perumnas cibeber Jl tongkol No.3, RT03 RW01 Desa.Kaduduren, Kec.cilegon, Serang Banten / 0812 3456 1734

Jika ada pertanyaan pemesanan atau pun hal yang lainnya terkait produk HDI silahkan hub kami :

Telpon/SMS : 085736428950

BBM : 5393F990



Baca juga yang lainnya !

Tags : Gejala Batu Ginjal,kesehatan,Penyakit Batu Ginjal,Penyebab Batu Ginjal,

Produk Terbaru

Post a Comments

2 Flares Facebook 0 Google+ 2 Twitter 0 Pin It Share 0 Filament.io 2 Flares ×