Tips Cara Merawat Anak Terkena Cacar Air

1 Flares Facebook 0 Google+ 1 Twitter 0 Pin It Share 0 Filament.io 1 Flares ×

Tips Cara Merawat Anak Terkena Cacar Air – Cacar air atau varisella merupakan jenis penyakit yang di akibatkan oleh virus varisella zoster. penyakit ini tentu sangat mengganggu karena menimbulkan bintil – bintil merah yang gatal dan juga berisi cairan. Selain itu penyakit cacar air ini cukup mudah sakli menular.

cacar air

source:mediskus.com

Kebanyakan anak akan mengalami penyakit cacar ketika mereka masih muda dan biasanya merupakan penyakit ringan. Bagi anak anda yang terkena cacar air membutuhkan waktu antara 10 hingga 21 hari untuk sembuh dari cacar air. Penularan cacar air pada anak terjadi dikarenakan adanya kontak dengan orang yang sedang menderita cacar air.

Baca juga 5 Tips Cara Alami Mengatasi Hidung Yang Tersumbat.

Gejala Cacar Air

  • Demam hingga 3 hari.
  • Timbul bintil-bintil kemerahan yang lama kelamaan akan berubah menjadi gelembung berisi cairan bening seperti air mata.
  • Gatal-gatal.
  • Kadang disertai batuk dan pilek.

Cara Merawat Anak Menderita Cacar Air

  • Segera ke dokter untuk memastikan anak menderita cacar air atau bukan.
  • Perawatan penderita sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah pernah terjangkit cacar air. Biasanya, penderita yang sudah terkena cacar air akan kebal terhadap penyakit tersebut.
  • Anak boleh ditemui, tetapi jangan terlalu dekat jaraknya, sehingga napasnya tidak terhirup.
  • Pisahkan barang-barang yang digunakannya, seperti baju, handuk, piring, gelas, sisir, atau peralatan lain. Bersihkan peralatan tersebut secara terpisah. Tempatkan pula penderita dalam tempat tidur terpisah, ganti seprai setiap hari.
  • Jaga kualitas dan kuantitas makanan anak. Beri makanan yang tinggi kalori dan protein, juga makanan sumber vitamin dan mineral.
  • Istirahat yang cukup. Jangan biarkan anak keluar rumah selagi bintil cacar air masih dan terus timbul.
  • Minta anak untuk tidak menggaruk bintil yang gatal. Potong kukunya, atau pakaikan sarung tangan untuk mengurangi akibat garukan. Cairan di dalam bintil sifatnya menular. Selain itu,  jika terjadi  infeksi pada  luka tersebut, penyembuhannya akan lebih sulit, dan meninggalkan bekas (kropeng).
  • Oleskan obat gatal, seperti bedak calamine, untuk mengurangi gatal dan mempercepat proses pengeringan luka.
  • Minta anak mandi dengan sabun antiseptik dan ganti baju setiap hari.
  • Perhatikan kondisi dan suhu tubuh anak setiap hari. Bila perlu, penderita diberi obat penurun panas  untuk meredakan demam.
  • Waspada kondisi darurat. Segeralah kembali ke dokter bila:
    –    Bintil (vesikel) terinfeksi kuman, misalnya berwarna merah, bengkak, bernanah.
    –    Anak demam tinggi, sakit kepala, muntah, atau gatal yang tidak hilang-hilang, saat bintil-bintil sudah menyebar ke seluruh tubuh dan keadaan anak mulai membaik.

Pencegahan. Untuk mencegah kemungkinan terkena atau tertular cacar air, dapat diberikan vaksinasi. Kalaupun kena setelah vaksinasi, biasanya tidak sampai parah.

Vaksinasi sebaiknya diberikan pada usia satu tahun ke atas, karena pada usia ini bayisudah tak lagi memiliki kekebalan tubuh dari ibunya. Daya lindung vaksin ini bisa mencapai 97%, dan dapat diulang saat anak berumur 5 tahun.

Referensi :
http://www.ayahbunda.co.id/
http://bidanku.com/

Cara Pemesanan

Untuk melakukan pemesanan, Anda hanya perlu SMS ke nomor sms-center kami 085736428950 dengan format (isi pesan SMS) sebagai berikut:
Produk HDI (jumlah) / Nama / Alamat Lengkap (Ada no rumah, rt/rw desa, kec, kab dan prov) / No.Hp

Contoh:
Clover Honey 0.5kg (1) /Wildan Nasen / Perumnas cibeber Jl tongkol No.3, RT03 RW01 Desa.Kaduduren, Kec.cilegon, Serang Banten / 0812 3456 1734

Jika ada pertanyaan pemesanan atau pun hal yang lainnya terkait produk HDI silahkan hub kami :

Telpon/SMS : 085736428950

BBM : 5393F990



Baca juga yang lainnya !

Tags : anak cacar air,merawat cacar air,penyakit cacar air,

Produk Terbaru

Post a Comments

1 Flares Facebook 0 Google+ 1 Twitter 0 Pin It Share 0 Filament.io 1 Flares ×