Tips Penanganan Atasi Luka Bakar pada Anak – Luka bakar bisa terjadi pada siapa saja, Namun kebanyakan orang tua merasa panik jika buah kesayangnnnya mengalami luka bakar. Luka bakar dapat disebabkan oleh cairan panas, radiasi dan uap panas, sengatan listrik, atau bahan kimia yang bersifat asam kuat.

menangani luka bakar pada anak

Source : shutterstock.com

Penanganan luka bakar pada anak balita bergantung pada tingkat keparahan dan penyebab lukanya. Jika si kecil mendapatkan luka bakar yang cukup serius dibagian muka, kedua belah tangan, dan persendian, segeralah bawa ia ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Berikut adalah beberapa tips penanganan pertama terhadap luka bakar, seperti yang dilansir oleh Balitapedia.com. Baca juga Manfaat Sarapan Pagi Untuk Anak.

Cara menangani luka bakar ringan

Menangani luka bakar yang ringan Anda perlu mendinginkan tubuh anak Anda yang terkena luka bakar dengan air. Setelah itu siram dengan mengunakan air yang mengalir berfungsi untuk menurunkan suhu bagian tubuh yang terbakar. Jika lukanya menyebabkan lepuhan, jangan pecahkan lepuhanya tersebut. Oleskan salep atau krim khusus luka bakar. Mengoleskan luka bakar dengan pasta gigi, mentega, kecap, atau minyak tanah, sebagaimana mitos yang berkembang di masyarakat sebaiknya jangan dilakukan karena tindakan tersebut kurang tepat

Cara menangani luka bakar serius

1. Langkah pertama untuk meredakan panas gunakan air dingin. Siram bagian kulit yang terbakar selama 10-20 menit. Air yang digunakan untuk mendinginkan haruslah air yang mengalir, bukan merendamnya. Hindari menggunakan air es pada anak kecil karena berpotensi menimbulkan hipotermia.

2. Jika luka bakar terjadi di daerah yang tertutup pakaian, usahana untuk membuka pakaian si kecil. Jika tidak bisa, misalnya karena pakaian menempel pada luka bakar, jangan dipaksa. Gunting bagian pakaian dan biarkan yang menempel. Lepaskan pula perhiasan dan apapun yang menghambat pergerakan dari area luka bakar.

3. Tutupi area luka bakar dengan kain bersih yang tidak berserabut untuk menghindari infeksi sebelum dibawa ke dokter. Ayah bunda dapat menggunakan seprai atau sarung bantal bersih utuk menutupi luka bakar si kecil. Jika luka bakar ditelapak tangan, bunda dapat menggunakan kantung plastik untuk melindungi lukanya.

4. Jaga kesadaran si kecil, jangan memberikan mereka makan dan minum serta awasi level kesadaranya. Jika si kecil tidak sadar, buka saluran pernafasanya kemudian longgarkan semua pakaian disekitar leher dan pinggang. Segera bawa si kecil ke rumah sakit.

Source : balitapedia.com

Itulah Bunda beberapa tips cara mengatasi luka bakar pada Anak, jika dirasa luka bakar sikecil cukup parah segeralah bawa ke dokter untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Semoga bisa bermanfaat. Sekian.

WhatsApp WhatsApp 081946450409